The Miracle Worker
(Based on true story)
1. Identitas
Disutradarai
oleh : Arthur Penn
Diproduksi
oleh : Fred Coe
Ditulis oleh : William Gibson, Dibintangi, Anne Bancroft, Patty Duke
Ditulis oleh : William Gibson, Dibintangi, Anne Bancroft, Patty Duke
Musik oleh : Laurence Rosenthal
Sinematografi : Ernesto Caparrós
Editing : Aram Avakian
Didistribusikan oleh : United Artists
Sinematografi : Ernesto Caparrós
Editing : Aram Avakian
Didistribusikan oleh : United Artists
Tanggal
rilis : 28 Juli 1962
Durasi : 106 menit
Negara : Amerika Serikat
Bahasa : English
Durasi : 106 menit
Negara : Amerika Serikat
Bahasa : English
2. Sinopsis
Hellen Keller adalah seorang anak perempuan berusia
sepuluh tahun yang mempunyai keterbatasan indera. Ia mengalami tuna netra, tuna
rungu dan tuna wicara. Hellen Keller merupakan anak dari pasangan Arthur Keller
dan Catie Keller, ia juga mempunai kakak tiri bernama James, Karena
keterbatasan yang dimiliki Hellen itulah ayahnya hendak memasukkannya ke rumah
sakit jiwa. Namun hal tersebut ditolak oleh ibu dan bibi Hellen. Kemudian bibi Hellen
menyarankan agar ayah Hellen mengirimkan surat kepada Dr. Chisolm di Baltimore
guna meminta dikirimkan seorang pengasuh sekaligus pengajar untuk Hellen.
Setelah Dr. Chisolm menerima surat dari ayahnya Hellen beliau langsung menugaskan Ny. Annie Sullivan untuk menjadi pengasuh sekaligus pengajar Hellen, yang notabene mempunyai latar belakang hampir serupa dengan apa yang dialaminya, bahkan ia pernah atau dibesarkan di rumah sakit jiwa. Ketika sampai di rumah Hellen keller Ny. Sullivan langsung mengadakan pendekatan dengan Hellen. Ketika Ny. Sullivan mengajarkan Hellen, awalnya Hellen merasa tidak nyaman dengan pendidikan Ny.Sullivan karena bagi Hellen belajar seperti itu terasa asing dan tidak meyenanggkan. Karena apapun yang ingin dilakukan Hellen dibatasi oleh Ny.sullivan, kebiasaan yang Hellen lakukan itu menurutnya sudah benar tetapi sebenarnya tidak sama sekali, kebiasaan buruk seperti makan dari piring orang lain dan merepotkan orang lain jika mengiginkan sesuatu. Keluarga Hellen merasa anaknya kelihatan tertekan. Hal ini membuat mereka berniat untuk memecat Ny. Sullivan. Akan tetapi Ny. Sullivan bersikeras untuk menggasuh dan mengajar Hellen serta memberikan pemahaman kepada keluarga Keller bahwa Hellen sangat membutuhkannya. Selain itu Ny. Sullivan juga menjelaskan bahwa meskipun Hellen mempunyai keterbatasan indera, di lain sisi ia mempunyai kecerdasan yang tinggi. Awalnya keluarga Keller tidak merelakan, namun akhirnya keluarga tersebut merelakannya. Keluarga Keller memberikan jangka waktu yang terbatas kepada Ny. Sullivan dalam mengasuh dan mengajar Hellen. Pada awalnya Hellen sempat merasa takut dan terganggu. Namun akhirnya Ny. Sullivan berhasil mendekati dan bahkan kini ia menjadi akrab dengan Hellen. Ia mengajarkan Hellen tentang kata-kata benda yang ada di sekitarnya dengan menggunakan sandi tangan. Selang beberapa waktu, akhirnya Hellen mampu memahami apa yang selama ini diajarkan oleh Ny. Sullivan kepadanya. Kata pertama yang dipahami Hellen adalah “water”, dan diikuti dengan kata-kata yang lainnya karena Hellen meminta Ny. Sullivan untuk mengajarkannya kembali tentang apa yang belum ia pahami. Kemudian Hellenpun tumbuh menjadi dewasa serta mampu menjadi seorang pengacara terkenal meskipun ia mempunyai banyak kerterbatasan, dan Ny. Sullivan tetap menjadi seorang guru yang menemaninya. makna, dan iapun mulai mengenal apa yang ada di
Setelah Dr. Chisolm menerima surat dari ayahnya Hellen beliau langsung menugaskan Ny. Annie Sullivan untuk menjadi pengasuh sekaligus pengajar Hellen, yang notabene mempunyai latar belakang hampir serupa dengan apa yang dialaminya, bahkan ia pernah atau dibesarkan di rumah sakit jiwa. Ketika sampai di rumah Hellen keller Ny. Sullivan langsung mengadakan pendekatan dengan Hellen. Ketika Ny. Sullivan mengajarkan Hellen, awalnya Hellen merasa tidak nyaman dengan pendidikan Ny.Sullivan karena bagi Hellen belajar seperti itu terasa asing dan tidak meyenanggkan. Karena apapun yang ingin dilakukan Hellen dibatasi oleh Ny.sullivan, kebiasaan yang Hellen lakukan itu menurutnya sudah benar tetapi sebenarnya tidak sama sekali, kebiasaan buruk seperti makan dari piring orang lain dan merepotkan orang lain jika mengiginkan sesuatu. Keluarga Hellen merasa anaknya kelihatan tertekan. Hal ini membuat mereka berniat untuk memecat Ny. Sullivan. Akan tetapi Ny. Sullivan bersikeras untuk menggasuh dan mengajar Hellen serta memberikan pemahaman kepada keluarga Keller bahwa Hellen sangat membutuhkannya. Selain itu Ny. Sullivan juga menjelaskan bahwa meskipun Hellen mempunyai keterbatasan indera, di lain sisi ia mempunyai kecerdasan yang tinggi. Awalnya keluarga Keller tidak merelakan, namun akhirnya keluarga tersebut merelakannya. Keluarga Keller memberikan jangka waktu yang terbatas kepada Ny. Sullivan dalam mengasuh dan mengajar Hellen. Pada awalnya Hellen sempat merasa takut dan terganggu. Namun akhirnya Ny. Sullivan berhasil mendekati dan bahkan kini ia menjadi akrab dengan Hellen. Ia mengajarkan Hellen tentang kata-kata benda yang ada di sekitarnya dengan menggunakan sandi tangan. Selang beberapa waktu, akhirnya Hellen mampu memahami apa yang selama ini diajarkan oleh Ny. Sullivan kepadanya. Kata pertama yang dipahami Hellen adalah “water”, dan diikuti dengan kata-kata yang lainnya karena Hellen meminta Ny. Sullivan untuk mengajarkannya kembali tentang apa yang belum ia pahami. Kemudian Hellenpun tumbuh menjadi dewasa serta mampu menjadi seorang pengacara terkenal meskipun ia mempunyai banyak kerterbatasan, dan Ny. Sullivan tetap menjadi seorang guru yang menemaninya. makna, dan iapun mulai mengenal apa yang ada di
3.
Kelebihan
dan Kelemahan Film
a. Kelebihan
film
Film ini sangat bagus untuk di saksikan oleh kita
khususnya calon pendidik anak berkebutuhan khusus karena disini kita bisa
melihat bagaiman Ny. Sullivan mengajarkan Hellen yang mengalami ganngguan tuna
netra, tuna wicara dan tuna rungu dengan metode yang di pakai Ny. Sullivan,
beliau mengajarkan bagaimana kita bersabar, berusaha dan mempunyai kegigihan
untuk mengajarkan heller sampai Hellen mampu sendiri melakukan kehidupannya.
Dengan usaha keras Ny. Sullivan akhirnya Hellen pun bisa melakukan dan
mengaplikasikan apa yang di ajarkan Ny.Sullivan.
b. Kelemahan
film
Pendidikan yang diajarkan kepada Hellen berhasil
digunakan Ny. Sullivan dalam mengasuh dan mengajar Hellen, akan tetapi secara
kognitif Hellen tidak akan mau mempelajari apa yang diajarkan Ny. Sullivan
kepadanya, jika ia tidak memutuskan untuk mau diajari Ny. Sullivan pada malam yang
pertama Hellen dan Ny. Sullivan menempati rumah bekas gudang yang berada di
samping rumah keluarga Keller.
Pendidikan Ny.sullivan ini tidak sesuai dengan prinsip
pendidikan kita, Ny.sulivan mengajarkan Hellen dengan cara di paksa, pangajaran
tersebut membuat Hellen menjadi tertekan dan tidak mau belajar lagi.
Meskipun proses belajar itu dapat diamati secara
langsung, akan tetapi proses belajar juga merupakan kegiatan mental yang tidak
dapat diamati secara langsung. Seperti halnya kehendak atau kemauan,
pengambilan keputusan dan lain sebagainya.
4. Pesan
Pesan saya film ini wajib disaksikan oleh kita selaku
pendidik Anak berkebutuhan Khusus karena di film ini diajarkan bagaimana
kegigihan seorang guru dalam mengajarkan anak berkebutuhan khusus, kita dapat
mencotoh apa yang di berikan Ny.sullivan kepada Hellen, tetapi kita sebagai
penonton dan pendidik yang cerdas, kita harus menyeleksi pendidikan mana saja
yang baik dan kurang baik, yang kurang baik nya seperti kita terlalu menekankan
anak didik kita untuk melakukan apa yang ingin kita lakukan, bukankah lebih
baik lagi jika pengajaran itu dilakukan dengan bermain dan bersenang-senang
karena dengan itu juga pengajaran lebih mudah di mengerti.
Selain itu, kesabaran seorang guru yang mencurahkan semua daya dan melakukan segala
upaya agar dapat memberikan yang terbaik untuk anak didiknya. Walaupun banyak
terdapat kekurangan yang ada pada anak didik, dalam kisah Hellen yang buta, dan tuli. Akan tetapi dengan kesabaraan yang dimiliki oleh Ny.
Sullivan dan keyakinan serta
ketekunannya, ia dapat mengubah semua kekurangan menjadi keistimewaan yang
belum tentu dicapai oleh orang yang
normal sekalipun.
Kemudian, ketegasan seorang guru
juga diperlukan terhadap anak didik dan orangtuanya. Tegas bukan berarti keras.
Tegas berarti mengatakan ”Ya” jika ya dan mengatakan ”Tidak” jika memang tidak
sambil memberikan penjelasan atas setiap perkataan. Hal ini perlu dilakukan
secara konsisten atau dijadikan pembiasaan agar anak dapat berpikir mana yang
benar dan mana yang salah, sehingga ia dapat berhati-hati dalam bertindak.
Dengan menerapkan hal ini, karakter anak akan terbentuk dengan sendirinya
karena dirinya selalu diberikan penjelasan atas perbuatannya, maka nantinya ia
akan terbiasa untuk berkomunikasi dan berdiskusi, sekaligus mengasah
kecerdasannya dalam berpikir.
Seorang pendidik haruslah selalu
bekerja keras dan pantang menyerah. Hal itu merupakan modal bagi seorang
pendidik sehingga mampu memberikan pendidikan secara menyeluruh dan tuntas.
Sikap optimis pun sangat diperlukan oleh seorang pendidik karena dengan bersikap
optimislah, pendidik dapat lebih termotivasi untuk berinovasi agar berguna bagi
anak didinya
Jika inderanya ada yang ganjil dan
bukan pikirannya, dia pasti punya bahasa, “bahasa lebih penting bagi pikiran
dari pada cahaya mata”. Hal terbaik dan terindah yang tidak dilihat atau
disentuh oleh dunia adalah hal yang dirasakan di dalam hati (Hellen’s speech
when she was a lawyer)
terimakasih informasinya
BalasHapussama-sama kak..
Hapus